TUGAS MINGGU 1 SOFTSKILL
MANAJEMEN
SISTEM INFORMASI (SIM)
Manajemen
adalah suatu tindakan yang dilakukan bersama-sama untuk menentukan,
menginterprestasikan, dan mencapai tujuan dari organisasi dengan pelaksanaan
fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan
personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepimpinan (leading),
dan pengawasan (controlling).
Informasi
merupakan salah satu sumber dasar yang ada bagi para manajer yang mempunyai
nilai, karena informasi akan memberikan sumber yang nyata dan akan berperan
lebih ketika perusahaan mengalami perkembangan.
Maka,
dapat disimpulkan bahwa Manajemen Sistem Informasi (SIM) adalah sistem yang menyediakan informasi yang digunakan untuk
mendukung operasional, manajemen, serta pengambilan keputusan sebuah organisasi.
SIM menggambarkan suatu unit atau badan yang khusus bertugas untuk mengumpulkan
berita dan data yang aktual dan nyata serta kemudian memprosesnya menjadi
informasi untuk keperluan manajerial organisasi dengan memakai prinsip sistem.
Dikatakan memakai prinsip sistem karena berita yang tersebar dalam berbagai
bentuknya dikumpulkan, disimpan serta diolah dan diproses oleh satu badan yang
kemudian dirumuskan menjadi suatu informasi.
Fungsi Manajemen Sistem Informasi (SIM)
- Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan agar bisa menjadi satu sebagaimana diperlukan untuk perkembangan dan peningkatan perusahaan.
- Mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan suatu perusahaan.
- Meningkatkan produktivitas hasil dan penghematan biaya dari perusahaan
Kebutuhan
akan manajemen informasi disebabkan oleh;
- Kegiatan bisnis yang semakin rumit/kompleks Hal ini disebabkan karena pengaruh ekonomi internasional, perkembangan teknologi dunia yang pesat, makin sempitnya kerangka waktu yang tersedia bagi para manajer untuk mengambil keputusan.
- Komputer yang telah mencapai kemampuan yang semakin baik Karena tugas manajer yang semakin kompleks maka usaha untuk meningkatkan efektifitas dalam pemecahan masalah adalah dengan menggunakan teknik kuantitatif dan peralatan elektronik.
MANAJEMEN
LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI (INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT (ITSM))
Manajemen
Layanan Teknologi Informasi adalah metode dalam melakukan pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang dimana terpusat pada
perspektif konsumen layanan terhadap bisnis perusahaan apapun.
ITSM
berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki
minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses
(seperti TQM, Six Sigma Business Process Management, dan CMMI). ITSM umumnya
menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan
bukan pada pengembangan teknologinya sendiri.
HUBUNGAN / KETERKAITAN ANTARA LAYANAN
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem
informasi manajemen dengan teknologi informasi sangatlah berhubungan, karena
satu sama lain sama-sama bergerak dibidang informasi (pengolahan) dan teknologi
yang dimana merupakan bagian dari sistem informasi. Karena sistem informasi
dapat tersusun oleh beberapa teknologi informasi sehingga apabila teknologi
informasi mengalami kerusakan maka mempengaruhi sistem informasi atau sistem
informasi akan juga mengalami gangguan.
LINK TUGAS MINGGU KE-2
Komentar
Posting Komentar