TUGAS MINGGU 1 SOFTSKILL

MANAJEMEN SISTEM INFORMASI (SIM)

Manajemen adalah suatu tindakan yang dilakukan bersama-sama untuk menentukan, menginterprestasikan, dan mencapai tujuan dari organisasi dengan pelaksanaan fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepimpinan (leading), dan pengawasan (controlling).

Informasi merupakan salah satu sumber dasar yang ada bagi para manajer yang mempunyai nilai, karena informasi akan memberikan sumber yang nyata dan akan berperan lebih ketika perusahaan mengalami perkembangan.

Maka, dapat disimpulkan bahwa Manajemen Sistem Informasi (SIM) adalah sistem yang menyediakan informasi yang digunakan untuk mendukung operasional, manajemen, serta pengambilan keputusan sebuah organisasi. SIM menggambarkan suatu unit atau badan yang khusus bertugas untuk mengumpulkan berita dan data yang aktual dan nyata serta kemudian memprosesnya menjadi informasi untuk keperluan manajerial organisasi dengan memakai prinsip sistem. Dikatakan memakai prinsip sistem karena berita yang tersebar dalam berbagai bentuknya dikumpulkan, disimpan serta diolah dan diproses oleh satu badan yang kemudian dirumuskan menjadi suatu informasi.

Fungsi Manajemen Sistem Informasi (SIM)
  1.  Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan agar bisa menjadi satu sebagaimana diperlukan untuk perkembangan dan peningkatan perusahaan.
  2. Mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan suatu perusahaan.
  3. Meningkatkan produktivitas hasil dan penghematan biaya dari perusahaan

Kebutuhan akan manajemen informasi disebabkan oleh;
  • Kegiatan bisnis yang semakin rumit/kompleks Hal ini disebabkan karena pengaruh ekonomi internasional, perkembangan teknologi dunia yang pesat, makin sempitnya kerangka waktu yang tersedia bagi para manajer untuk mengambil keputusan.
  • Komputer yang telah mencapai kemampuan yang semakin baik Karena tugas manajer yang semakin kompleks maka usaha untuk meningkatkan efektifitas dalam pemecahan masalah adalah dengan menggunakan teknik kuantitatif dan peralatan elektronik.



MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI (INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT (ITSM))

Manajemen Layanan Teknologi Informasi adalah metode dalam melakukan pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang dimana terpusat pada perspektif konsumen layanan terhadap bisnis perusahaan apapun. 
ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma Business Process Management, dan CMMI). ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri.


HUBUNGAN / KETERKAITAN ANTARA LAYANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI


Sistem informasi manajemen dengan teknologi informasi sangatlah berhubungan, karena satu sama lain sama-sama bergerak dibidang informasi (pengolahan) dan teknologi yang dimana merupakan bagian dari sistem informasi. Karena sistem informasi dapat tersusun oleh beberapa teknologi informasi sehingga apabila teknologi informasi mengalami kerusakan maka mempengaruhi sistem informasi atau sistem informasi akan juga mengalami gangguan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengendalian Perangkat Keras

Ciri-ciri, Unsur, dan Teori Organisasi

Animasi Kelompok Dengan Menggunakan Microsoft PowerPoint 2016